Susu Formula Untuk Bayi Baru Lahir

littlerock-jams.com – ASI tentu menjadi kebutuhan penting bagi si kecil usia 0-6 bulan. Sehingga, ASI merupakan hal wajib untuk diberikan, sebab kandungan nutrisi di dalamnya dapat menunjang pertumbuhan si kecil. Namun, terkadang terdapat beberapa kendala harus dihadapi untuk dapat melakukannya, seperti ASI tidak mau keluar. Sehingga, alternative lain yang bisa dilakukan adalah dengan memberi si kecil sufor.  

Cara tepat memberikan sufor untuk bayi usia 0-6 bulan sebenarnya sangatlah perlu diperhatikan. sebab hal tersebut berkaitan erat dengan kesehatan buah hati dalam jangka panjang. Oleh karena itu, sebelum menyajikannya pada buah hati, ada baiknya jika anda perlu belajar mengenai cara tepat penggunaan susu formula untuk si kecil.

Panduan Lengkap Penggunaan Sufor

  1. Pilihlah sufor yang tepat

Dalam memilih sufor yang baik, tentu harus memperhatikan beberapa hal. Utamakanlah memilih susu sapi. Dalam memilihnya, pastikan kandungan yang paling banyak adalah protein whey disbanding casein. Sebab, protein tersebut lebih mudah dicerna. Sementara itu, apabila, bayi alergi terhadap susu sapi, maka ibu bisa berikan yang lain sesuai rekomendasi dokter. 

Namun, sebelum itu memberikannya pada bayi, pastikan terlebih dahulu kalau barang yang dibeli tidak kedaluarsa. Sehingga, tidak mengancam kesehatan si bayi.  

  1. Pilih dan sterilkan botol milik buah hati

Jika anda memakai botol, maka jangan sembarangan memilihnya. Pilihlah botol tanpa bahan kimia berbahaya. Selain itu, sebaiknya tidak memilih botol plastic untuk digunakan, apalagi jika memiliki kode daur ulang 3, 6, dan 7 terkecuali memiliki label bio based atau greenware. 

Setelah memilih, sterilkan botol tersebut. Dalam mensterilkan botol, anda perlukan beberapa langkah untuk melakukannya. Pertama anda perlu mencuci botol menggunakan sabun khusus, kemudian barulah anda mengeringkan dan mensterilkan botol dengan memasukannya ke dalam air mendidih selama kurang lebih 5 menit. 

  1. Buatlah sufor secara tepat

Sebelum membuatnya, lebih baik anda telah membaca petunjuk penggunaan secara teliti pada kemasan yang tertera. Selain itu, sebelum mencampurkan air dengan susu, pastikan air yang digunakan bersih dan matang dengan suhu 70 derajat Celcius. Sehingga dapat memusnahkan mikrobiologi dalam air. Setelah memastikannya,  berikanlah takaran tepat antara susu dan air. 

Jangan terlalu kental, sebab dapat berpengaruh pada kerja ginjal dan juga dapat menyebabkan dehidrasi pada bayi. Selain itu, juga jangan banyak memberikan air, karena dapat melarutkan nutrisi. Sehingga pertumbuhan terhambat. Setelah sufor jadi, berikanlah pada bayi dalam rentang waktu tidak lebih dari 2 jam sesudah dibuat. Lebih dari durasi tersebut, buanglah sufornya.

Apabila, setelah dibuat, susu tidak langsung diberikan, maka simpanlah di lemari es dengan suhu kurang dari 5 derajat celcius dengan wadah tertutup.

Baca Juga : Jelaskan Cara Melakukan Latihan Kelenturan, Mudah Kok

Demikianlah pembahasan mengenai panduan lengkap penggunaan sufor untuk bayi usia 0-6 bulan. Ikutlah cara-cara tersebut, supaya buah hati tetap sehat berkembang dan bertumbuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *