Manfaat Tamanu Oil dan Cara Pemakainnya

littlerock-jams.com – Perkembangan produk skin care akhir-akhir ini cukup menjadi sorotan publik. Bagaimana tidak? Saat ini ada berbagai macam jenis dan brand yang berlomba-lomba mengambil hati masyarakat dengan menawarkan manfaat atau keunggulannya masing-masing. Mulai dari brand lokal sampai mancanegara kini ramai menjajakan produknya di pasaran.

Salah satu produk skin care yang cukup digemari banyak orang, khususnya kaum hawa adalah minyak alami. Sebagian yang cukup populer adalah minyak zaitun, jojoba oil, minyak argan, kelapa, dan tea tree. Dari sekian banyaknya jenis minyak alami, pernahkah Anda mendengar tamanu oil?. Walau belum banyak dikenal rupanya minyak ini punya khasiat bagus untuk kulit, lho.

Apabila Anda penasaran mengenai apa saja manfaat serta bagaimana cara pakai tamanu oil, simak informasi lengkapnya sebagai berikut!

Apa Saja Manfaat Tamanu Oli Bagi Kesehatan dan Kecantikan?

Tamanu oil atau dikenal juga sebagai Foraha maupun Kamanu merupakan hasil olahan dari biji pohon kacang tamanu atau juga disebut sebagai pohon cemara tropis asli kawasan Asia Tenggara. Dalam wujud murninya, minyak ini memiliki konsistensi kental, warna hijau tua, serta aroma cukup menyengat. 

Terbukti memiliki kandungan dan sifat yang baik untuk kesehatan kulit, seperti linoleic acid, palmitic acid, stearic acid, sifat anti-bakteri, hingga anti-inflamasi, kini minyak alami ini mulai dijual di pasaran dengan menawarkan beberapa khasiat sebagai berikut.

  1. Membantu mengobati sekaligus menyamarkan bekas jerawat
  2. Melembapkan kulit kering
  3. Menyamarkan stretch marks
  4. Membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini
  5. Sebagai alternatif serum mata
  6. Alternatif mengatasi berbagai jenis luka pada kulit
  7. Mengatasi komedo yang membandel
  8. Sifat anti-inflamasinya mampu mengobati eksim dan ruam 
  9. Dapat menguatkan akar rambut

Bagaimana Cara Pakainya Agar Memperoleh Khasiat Maksimalnya?

Dari sejumlah klaim manfaatnya di atas, lantas bagaimana cara mengaplikasikannya?. Untuk pemakaian rutinnya, Anda dapat langsung mengoleskan 2 sampai 3 tetes dalam sehari pada permukaan kulit yang bermasalah, seperti jerawat, luka, kerutan, maupun stretch marks. Bagi pemilik kulit kering, Anda dapat mengoleskan sebanyak 4-5 tetes untuk menghidrasi lebih optimal.

Untuk memperoleh hasil terbaik, pastikan bersihkan area kulit sebelum mengoleskannya. Cara mengoleskannya, Anda dapat menggunakan bantuan kapas atau langsung menggunakan tangan yang bersih.

Selain diaplikasikan secara langsung, Anda juga dapat mencampurkannya dengan produk skin care lainnya, seperti essential oil, scrub, facial soap, cleanser, shea butter, dan lain sebagainya.

Tidak Cocok Pakai Tamanu Oil? Ini Dia Tanda-Tandanya

Sama seperti produk kecantikan lainnya, rupanya minyak tamanu juga bisa berpotensi menimbulkan reaksi yang tidak sesuai harapan alias alergi bagi sebagian orang. Nah, untuk itu kita perlu mengetahui apa saja indikasi bila kulit tidak cocok menggunakannya. Berikut beberapa tanda-tandanya.

  1. Wajah semakin berminyak
  2. Mulai muncul beruntusan di area permukaan kulit 
  3. Komedo justru semakin banyak
  4. Timbulnya breakout parah maupun iritasi
  5. Terasa perih dan gatal

Walaupun terbukti aman, apabila Anda punya riwayat alergi terhadap kacang mesti lebih waspada lantaran ini terbuat dari ekstrak biji-bijian atau kacang. Dilansir dari Newschant.com, bagi penderita alergi kacang dianjurkan untuk menghindari minyak tamanu karena bisa berpotensi menimbulkan reaksi merugikan.

Baca Juga : Tutorial Cara Edit Twibbon Paling Mudah

Demikian itulah deretan informasi mengenai khasiat dan cara pakai tamanu oil. Walaupun memiliki sejumlah manfaat, tidak setiap orang cocok menggunakannya, lho. Maka dari itu, pastikan Anda berhati-hati ketika menggunakannya. Alih-alih ingin mendapatkan khasiatnya, yang ada justru reaksi alergi menyerang Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *