Jelaskan Cara Melakukan Latihan Kelenturan, Mudah Kok

littlerock-jams.com – Keuntungan memiliki tubuh yang lentur adalah tubuh jadi tak mudah cedera dan lebih mudah menjalankan aktivitas harian. Anda dapat memiliki kelenturan tubuh yang baik dengan melatihnya secara teratur. Jelaskan cara melakukan latihan kelenturan, simak ulasan singkatnya berikut ini.

Lakukan Peregangan Dinamis Sebelum Olahraga

Lakukan pemanasan 5-10 menit sebelum latihan peregangan dinamis. Biasakan untuk melenturkan otot & sendi dengan peregangan ini sambil menggerakkan anggota tubuh Anda. Anda juga boleh jalan kaki, jogging, bersepeda, ataupun melakukan aktivitas lain sebagai pemanasan.

Lebih lanjut lagi, Anda bisa mencoba push up, sit up, lunge, dan squat sebanyak 3 set. Lakukan juga gerakan memutar lengan agar otot bahu, lengan, dan tubuh atas jadi meregang. Untuk meningkatkan kelenturan otot kaki dan pinggul, coba ayun-ayunkan kaki Anda.

Gerakan lunge sambil berjalan juga bisa melenturkan otot inti & kaki. Anda boleh saja melakukan lunge ke samping, ke depan, ataupun ke belakang. Selain itu, lakukan gerakan inchworm apabila Anda sanggup push up dengan nyaman.

Lakukan Peregangan Statis Setelah Olahraga

Setelah berolahraga, lakukan pendinginan sebentar kemudian diikuti dengan peregangan statis 5-10 menit. Sebaiknya fokuskan pada peregangan otot-otot yang baru saja dilatih, otot dada, latisimus, dan juga fleksor pinggul.

Gerakan lain yang bisa dicoba adalah peregangan hamstring sambil duduk di lantai. Selain itu, Anda dapat melakukan  postur kupu-kupu guna meregangkan otot selangkangan. Kalau untuk melenturkan otot bokong, condongkan pinggul Anda ke samping kemudian bertahan sejenak.

Dikala melakukan peregangan statis ini, terapkan metode kontraksi-rileks. Selepas Anda melakukan peregangan, rilekskan kemudian kontraksikan otot yang mau dilatih selama lima detik, rilekskan lalu regangkan sekali lagi. Setelah mwrilekskan otot, lakukan kontraksi sebanyak 2 sampai 3 kali.

Lakukan Olahraga Rutin

Rutinlah berolahraga, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi fisik Anda. Sempatkan berolahraga 2-3 kali seminggu dengan jenis olahraga yang tidak terlalu monoton agar Anda tak bosan.

Pertimbangkan juga untuk berlatih bela diri sebagai metode lain untuk meningkatkan kelenturan tubuh Anda. Carilah tempat pelatihan yang sesuai dengan kondisi fisik, kemampuan, dan budget Anda.

 

Lakukan Hal-hal yang Bermanfaat

Agar seluruh otot Anda terhidrasi dengan baik, biasakan untuk minum air putih yang cukup. Sempatkan minum air meski Anda tak terlalu haus, bawa botol air kemanapun Anda pergi jika memungkinkan. Anda juga perlu minum air sebelum selama, dan setelah berolahraga.

Anda juga bisa mempelajari teknik bernapas dalam-dalam guna mengatasi stres. Dan bila perlu, luangkan waktu untuk menjalani terapi pijat atau coba menjalani terapi akupuntur.

Baca Juga : Doa Novena Hati Kudus Yesus

Itulah penjelasan dari pertanyaan jelaskan cara melakukan latihan kelenturan yang bisa Anda terapkan. Miliki pola hidup dan gaya hidup yang sehat dengan berolahraga secara rutin. Setelah menerapkan hal-hal yang dijelaskan di atas, kira-kira tubuh Anda akan selentur apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *